Apa Itu Augmented Reality ?

By
Advertisement
contoh augmented reality
  Secara umum, Augmented Reality adalah penggabungan antara obyek virtual dengan obyek nyata. Sebagai contoh, adalah saat pembawa acara televise membawakan berita,ada animasi atau objek virtual yang ikut bersamanya, sehingga seolah-olah pembawa acara tersebut sedang berada di dunia virtual, padahal sebenarnya itu adalah teknik penggabungan antara dunia virtual dengan dunia nyata yang dinamakan Augmented Reality.

Ronald Azuma(1997) menyatakan Augmented Reality adalah menggabungkan dunia nyata dan virtual, bersifat interaktif secara real time dan bentuknya merupakan animasi 3D. Yang dimaksud dengan interaktif disini adalah, adanya interaksi antara user ke Augmented Reality itu sendiri. Interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat-perangkat input tertentu. Augmented reality memiliki tujuan untuk meningkatan persepsi seseorang dari dunia sekitarnya. Augmented reality mampu membantu dalam menampilkan serta menyampaikan informasi. Terdapat beberapa metode yang digunakan pada Augmented Reality salah satunya adalah marker based tracking. Biasanya media marker yang digunakan adalah kertas yang merupakan ilustrasi hitam dan putih pesegi dengan batas hitam tebal dan latar belakang putih.

Dengan kata lain Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi di dalam lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda maya tersebut ke dalam waktu nyata, realitas bertambah disini maksudnya hanya sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh

pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat realitas bertambah sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Realitas bertambah dapat diaplikasikan semua indera termasuk pendengaran, sentuhan dan penciuman. Augmented Reality (AR) telah diaplikasikan kebeberapa bidang.

Saat ini penerapan Augmented Reality telah telah banyak diimplementasikan salah satunya adalah bidang kedokteran. Teknologi pencitraan sangat dibutuhkan di dunia kedokteran, seperti misalnya. Untuk simulasi operasi, simulasi pembuatan, vaksin virus dan lain-lain. Untuk itu, bidang kedokteran menerapkan augmented reality pada visualisasi penelitian mereka.

Militer telah mengimplementasikan teknologi augmented reality pada latihan tempur mereka. Sebagai contoh, militer menggunakan augmented reality untuk membuat permainan perang, dimana prajurit masuk ke dalam dunia game tersebut dan seolah-olah seperti melakukan perang sesungguhnya.

Impelentasi pada bidang entertainment sering digunakan untuk pembuatan berbagai efek dalam sebuah film, permainan game untuk di smartphone, majalah dan lain-lain. Augmented Reality bisa dijadikan sebagai nilai jual yang tinggi bagi industri entertainment.

Impelentasi pada bidang Engineering Design, merupakan bidang yang paling sering digunakan dalam pemanfaatan teknologi augmented reality. Pada bidang ini augmented reality digunakan untuk menampilkan hasil pekerjaan seorang engineering design kepada client. Sehingga design dapat ditampilkan secara nyata dan detail tanpa harus membuat miniature maupun print out. Bidang pendidikan juga mulai mengimplentasikan teknologi ini, Augmented Reality diimplementasikan ke dalam sebuah buku yang berisi kumpulan marker yang telah diidentifikasi sebagai sebuah objek. Dalam pembelajaran pengenalan bentuk 3 dimensi, siswa akan melihat berbagai bentuk objek pada setiap halaman buku. Objek 3 dimensi seperti kubus atau bentuk planet akan disertai keterangan berupa data text mengenai obyek tersebut, sehingga siswa dapat mempelajari secara lebih realistis berbagai macam bentuk 3 dimensi dan memvisualisasikan konsep abstrak untuk meningkatkan pemahaman dalam menggambarkan suatu model objek.


sumber : segala postingan jurnal-jurnal dari team AR dan pembahasannya :)

0 komentar:

Posting Komentar