Apa itu ARToolKit ?

By
Advertisement
Pada pembahasan sebelumnya tentang Augmented Reality dan juga Magic Book .. Kali ini kita akan membahas tentang tool pembangun AR itu sendiri. yuk mareee :)

Augmented Reality bisa dibangun atau dibuat dengan software library Augmneted Reality seperti, ARToolkit, FlarToolkit, NyarToolkit, SlarToolkit, Qcar, Popcode dan lain-lain. Dari beberapa software library tersebut, ada sebuah software library yang paling klasik dan pertama kali dibuat di dunia oleh seorang ilmuan Jepang bernama Hirokazu Kato yaitu ARToolkit.

Menurut Hirokazu Kato(2000) ARToolKit menggunakan bahasa C yang memungkinkan programmer dengan mudah mengembangkan aplikasi Augmented Reality. Augmented Reality (AR) adalah overlay gambar komputer grafis virtual pada dunia nyata, dan aplikasi yang memiliki banyak potensi dalam penelitian industri dan akademis.

Salah satu bagian yang paling sulit mengembangkan aplikasi Augmented Reality justru menghitung sudut pandang pengguna secara real time sehingga gambar virtual sama persis dan selaras dengan objek dunia nyata. ARToolKit menggunakan teknik komputer vision untuk menghitung posisi kamera nyata dan orientasi relatif terhadap kartu ditandai, yang memungkinkan programmer untuk overlay obyek virtual ke kartu ini. Pelacakan cepat dan tepat disediakan oleh ARToolKit sehingga memungkinkan perkembangan pesat dari banyak aplikasi AR yang baru dan menarik.

ARToolKit termasuk perpustakaan pelacakan dan kode sumber lengkap untuk library ini memungkinkan pemrograman untuk port kode ke berbagai platform atau menyesuaikannya untuk aplikasi mereka sendiri.

sumber : segala postingan jurnal-jurnal dari team AR dan pembahasannya :)

0 komentar:

Posting Komentar