Analisis Website

By
Advertisement
Analisis website berdasarkan lima atribut

(Content textual, desain grafis, navigasi, struktur dan link)

Contoh website yang  dianalisis adalah sman6pontianak



1. Content Textual
Dalam sebuah web, content textual sangatlah penting. Hal ini ditujukan untuk melihat bagaimana sebuah website dapat memberikan interaksi yang menarik sehingga tamu dari website tersebut merasa nyaman kemudian informasi yang ada di dalam website tersebut bisa tersampaikan dengan maksimal.
Dalam website sekolah tersebut, kami menilai bahwa content textual yang ada cukup dioptimalkan. Hampir pada setiap bulannya memiliki progress sehingga informasi yang dibutuhkan bisa dimaksimalkan. Mulai dari content sekolah secara internal hingga alumni yang bisa bersilahturahmi melalui media online sepeti website.

2. Desain Grafis
Tidak lengkap rasanya sebuah website tanpa adanya sebuah desain grafis yang mendukungnya. Bagaimana pun seorang tamu website pasti akan melihat desain atau tampilan website tersebut sebelum akhirnya membaca isinya. Desain grafis sendiri tidak hanya asal di tempel dalam sebuah website, melainkan pasti memiliki makna atau tema sesuai dengan tujuan dari situs tersebut.
Bila dilihat dari sisi desain grafisnya, maka website sekolah ini terlihat sederhana. Hal ini karena kurang adanya tampilan banner untuk mempercantik tampilan website dan terlihat monoton sehingga terkesan sangat membosankan bila berlama-lama pada website ini.

3. Navigasi
Sebuah navigasi menentukan nyaman atau tidaknya seorang tamu menjelajahi website tersebut. Contohnya saja bila sebuah website memiliki navigasi yang berbentuk kartun-kartun lucu bila di scroll atau bila di klik akan muncul tanda loading yang berupa gambar. Hal ini pun membuat tamu tertarik dan ingin menjelajahi website.
Pada website sekolah ini, pemanfaatan navigasi tidak dioptimalkan dengan baik. Mungkin karena pembuat dari website ini merasa bahwa website ini bukanlah untuk komersial. Namun sangat disayangkan bila sebuah website mengabaikan sisi navigasi karena menyebabkan timbulnya rasa bosan ketika membuka website ini.

4. Struktur
Struktur sangat berperan penting dalam sebuah website. Hal ini karena adanya kenyamanan dan kelengkapan informasi yang sudah jelas dalam website tersebut.
Bila dilihat dari strukturnya, website ini cukup maksimal karena merupakan website sekolah. Kelengkapan atau atribut sekolah pun harus secara jelas dituliskan, seperti kepala sekolah, guru, fasilitas dan prestasi. Disamping itu, website ini juga memiliki struktur keanggotaan sehingga memungkinkan setiap siswa maupun alumni bisa berinteraksi.

5. Link
Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah link, yaitu bagaimana sebuah website bisa menempatkan posisi link secara benar sehingga tamu merasa nyaman untuk tidak membolak-balik halaman website tetapi cukup dengan menambah tab baru.
Link dalam website ini optimal. Link yang ditawarkan berupa link-link untuk membuka tab baru agar melihat dokumentasi maupun informasi dari sekolah tersebut. Oleh karena itu, seorang tamu website tidak perlu repot-repot untuk mem-back kembali halaman website.

0 komentar:

Posting Komentar