Aspek Bisnis dan Model Pengembangan Standar Profesi

By
Advertisement

Aspek Bisnis dan Model Pengembangan Standar Profesi


Berkembangnya teknologi informasi selalu diimbangi dengan berkembangnya bisnis-bisnis yang mulai menggunakan teknologi informasi. Salah satu aspek bisnis teknologi Informasi yang saat ini berkembang dengan pesatnya adalah E-Commerce.

Secara umum, e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan atau perniagaan barang dan jasa dengan menggunakan media elektronik. Di dalam e-commerce, para pihak yang melakukan kegiatan perdagangan / perniagaan hanya berhubungan melalui suatu jaringan publik (public network) yang dalam perkembangan terakhir menggunakan media internet.

Saat ini dengan mudah seseorang bisa membangun e-commerce mereka dengan aplikasi pendukung. Sistem E-commerce dapat diklasifikasikan kedalam tiga tipe aplikasi, yaitu :

a. Electronic Markets (EMs)

yaitu sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan atau menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan.

b. Elektronic Data Interchange (EDI)


adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi regular yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial. Secara formal, EDI didefinisikan oleh International Data Exchabge Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disepakati, yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer lain dengan menggunakan media elektronik”.

c. Internet Commerce

adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas perdagangan. Kegiatan komersial ini, seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Bisnis dan Komunikasi ditinjau dari aspek bisnis, organisasi adalah sarana manajemen (dilihat dari aspek kegiatannya). Untuk membangun bisnis online, seseorang dapat dengan mudah menggunakan aplikasi seperti NopCommerce, Jomlaa, Wordpress, PrestaShop dan lain-lain.

 

Model Pengembangan Standar Profesi


Berikut ini merupakan contoh dari model pengembangan standar Profesi :

ACM(Association for Computing Machinery)

ACM(Association for Computing Machinery) atau Asosiasi untuk Permesinan Komputer adalah sebuah serikat ilmiah dan pendidikan computer pertama didunia yang didirikan pada tahun 1947 SIG dan ACM, mensponsori konferensi yang bertujuan untuk memperkenalkan inovasi baru dalam bidang tertentu. Tidak hanya mensponsori konferensi ,ACM juga pernah mensponsori pertandingan catur antara Garry Kasparov dan computer IBM DeepBlue.

ACM memiliki empat "Boards" yaitu:

1. Publikasi

2. SIG Governing Board,

3. pendidikan, dan

4. Badan Layanan Keanggotaan


IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers)

IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah sebuah organisasi profesi nirlaba yang terdiri dari banyak ahli dibidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi- teknologi baru dalam semua aspek dalam industry dan rekayasa (engineering),yang mencakup telekomunikasi,jaringankomputer,kelistrikan, antariksa, danelektronika.

Tujuan inti IEEE adalah mendorong inovasi teknologi dan kesempurnaan untuk kepentingan kemanusiaan.

Proses pembangunan IEEE standar dapat dipecah melalui tujuh langkah dasar yaitu:

1. Mengamankan Sponsor,

2. Meminta Otorisasi Proyek,

3. Perakitan Kelompok Kerja,

4. Penyusunan Standard,

5. Pemungutan suara,

6. Review Komite,

7. Final Vote.






referensi (http://ejhapahlevi.blogspot.com/2013/05/aspek-bisnis-di-bidang-teknologi.html ) dengan berbagai perubahan dari penulis

0 komentar:

Posting Komentar