Rancangan
Penelitian
Banyak definisi yang dikemukakan berkenaan dengan rancangan penelitian atau
research design, namun apa pun bunyi
definisi tersebut, rancangan penelitian pada dasarnya merupakan “blueprint” yang menjelaskan setiap
prosedur penelitian mulai dari tujuan penelitian sampai dengan analisis data.
Komponen yang umumnya teradap dalam rancangan penelitian adalah :
1.
Tujuan penelitian
2.
Jenis penelitian yang akan
digunakan
3.
Unit analisis atau populasi
penelitian
4.
Rentang waktu dan tempat penelitian
dilakukan
5.
Teknik pengambilan sampel
6.
Teknik pengumpulan data
7.
Definisi operasional variabel
penelitian
8.
Pengukuran
9.
Teknik analisis data.
10.
Instrumen pencarian data (mis. Kuesioner)
Pertama : Tujuan
Penelitian
Yang dimaksud
dengan tujuan penelitian adalah hasil akhir penelitian itu sendiri. Fungsi tujuan penelitian, di samping
untuk mengarahkan proses penelitian, juga dapat dijadikan tolok ukur
keberhasilan penelitian. Tujuan penelitian dapat dinyatakan dalam bentuk
pertanyaan penelitian (research questions)
dan atau juga hipotesis penelitian
Kedua : Jenis penelitian yang akan
diaplikasikan
Beberapa jenis penelitian yang banyak dipakai
dalam ilmu administrasi atau manajemen adalah penelitian deskriptif,
korelasional, eksperimental. Penelitian deskriptif bertujuan memberikan
gambaran fenomena yang diteliti secara apa adanya, namun lengkap dan rinci.
Satu contoh yang banyak dari penelitian deskriptif adalah penilaian sikap atau
pendapat dari individual, organisasi, peristiwa, atau prosedur kerja. Beberapa contoh
pertanyaan penelitian yang dicoba ditemukan jawabannya melalui penelitian
deskriptif adalah sebagi berikut :
- Bagaimana manajer menghabiskan waktu kerjanya?
- Bagaimana sikap pegawai terhadap jadwal kerja “flex-time”?
- Bagaimana organisasi melakukan proses seleksi pegawai ?
- Bagaimana koordinasi kerja antar bagian dalam organisasi?
Ketiga : Unit
analisis atau populasi penelitian
Individual.
Misalnya ingin mengetahui kepuasan pegawai, maka unit analisisnya adalah
individu-individu pegawai.
Kelompok. Misalnya
ingin mengetahui kinerja antar departemen atau gugus kendali mutu, maka unit
analisisnya adalah kelompok.
Organisasi. Misalnya ingin mengukur kualitas
pelayanan kantor X, maka unit analisisnya adalah organisasi.
Benda. Misalnya menilai kualitas susu bubuk
untuk bayi, maka unit analisis- nya adalah produk, berupa susu bayi.
Keempat :
Rentang waktu penelitian
- One shot or Cross section studies, data dikumpulkan hanya sekali.
- Longitudinal studies, data dikumpulkan dalam beberapa periode waktu tertentu. Misalnya untuk meneliti disiplin pegawai, peneliti mengamati perilaku pegawai selama enam bulan
Kelima : Teknik
pengambilan sampel
Secara umum ada
dua teknik, yaitu sampling probabilistik dan nonproba-bilistik, atau acak dan
non-acak. Dalam sampel acak antara lain terdapat simple random sampling,
stratified random sampling, area sampling, cluster sampling, systematic
sampling. Dalam nonprobabilistic sampling antara lain terdapat accidental
sampling, convienience sampling, snow-ball sampling, purposive sampling. Kesemua teknik tersebut dibahas
secara lebih mendalam dalam teknik sampling.
Keenam : Teknik Pengumpulan data
Kita mengenal beberapa teknik pengumpulan
data, yaitu wawancara, kuesioner, observasi, dan studi dokumentasi. Sebuah
penelitian bisa hanya menggantungkan pada satu cara pengumpulan data, tetapi
bisa juga mengkombinasikannya. Misalnya, untuk mencari data dari variable
motivasi kerja menggunakan kuesioner, sedangkan untuk mencari data pendapatan,
gaji, atau upah, menggunakan teknik observasi.
Ketujuh : Definisi operasional variabel
penelitian
Bagi penelitian kuantitatif, langkah ini
mutlak dilakukan. Yang dimaksud dengan definisi operasional variabel adalah
upaya untuk mengurangi keabstrakan konsep atau variabel penelitian, sehingga
bisa dilakukan pengukuran. Beberapa peneliti menggunakan istilah indikator.
Misalnya, untuk mengukur disiplin pegawai, maka dihitung frekuensi ketepatan
masuk kerja, kepatuhan pada peraturan, dlsb. Untuk mengetahui produktivitas,
dihitung perbandingan antara hasil herja dengan waktu kerja.
Kedelapan : Pengukuran variabel penelitian
Jenis skala pengukuran untuk setiap variabel
penelitian perlu diketahui dengan benar. Hal ini berguna untuk menetapkan rumus
atau perhitungan-perhitungan statistik. Misalnya, untuk variabel yang berskala
nominal tidak mungkin dihitung rata-ratanya. Skala pengukuran yang ada adalah
nominal, ordinal, interval, dan rasio.
Kesembilan : Teknik analisis data
Sebelum data dianalisis, diolah terlebih
dahulu. Maka dikenal proses editing, coding, master table, dan lain-lainnya.
Analisis data mencakup kegiatan mengukur reliabilitas dan validitas, mean, deviasi standar, korelasi,
distribusi frekuensi, uji hipotesis, dan lain sebagainya.
Kesepuluh : Instrumen Pencarian Data
Ada beberapa alat yang dikenal sebagai alat
pengambil data dalam penelitian sosial / bisnis. Alat-alat tersebut mencakup
wawancara, kuesioner atau angket, observasi, dan studi dokumentasi
Tujuan Penelitian
adalah menguji hipotesis di bawah ini :
Dari kerangka teoritis yang telah diuraikan,
lima hipotesis dikembangkan dalam penelitian ini :
1.
Makin
tua usia pegawai, makin tinggi komitmen pada organisasi
2.
Jika
pegawai mempunyai sikap positif terhadap
kebijaksanaan organisasi dalam memberikan kesempatan untuk maju bagi mereka,
maka komitmen pada organisasi akan makin tinggi.
3.
Ada
hubungan positif di antara komitmen pada organisasi dengan lama kerja
4.
Pegawai
wanita mempunyai komitmen lebih tinggi pada organisasi dibanding dengan pegawai
pria.
5.
Ada
hubungan positif di antara kepuasan kerja pegawai dengan komitmen pada
organisasi.
Metode Penelitian :
a.
Jenis Penelitian : Karena tujuan penelitian adalah ingin
mengetahui hubungan-hubungan di antara beberapa variabel independen dengan satu
variabel dependen, maka jenis penelitian yang dipergunakan adalah penelitian
korelasional.
b.
Unit Analisis : Karena
peneliti tertarik pada tingkatan komitmen pada organisasi para pegawai, maka
unit analisis proyek penelitian ini adalah setiap individu pegawai.
c.
Populasi dan sampel : Populasi penelitian adalah seluruh pegawai yang
bekerja di organisasi “X”. Karena penelitiannya masih
bersifat eksploratif, maka sampel ditarik dengan teknik convenience
sampling.
d. Teknik Pengambilan data : Data diambil dengan menggunakan daftar
pertanyaan (kuesioner), disebarkan di kalangan pegawai di organisasi “X”.
sumber :
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=rancangan+penelitian&source=web&cd=1&ved=0CFsQFjAA&url=http%3A%2F%2Fusepmulyana.files.wordpress.com%2F2008%2F11%2Francangan-penelitian.doc&ei=dvDFT4TBKoLUrQfDkKS1BQ&usg=AFQjCNEppeoynDU5qiOI0_6Lw1A0lL7JGw
(diakses pada tgl. 29 Mei 2012, 17:17)
0 komentar:
Posting Komentar