Tugas Bahasa Indonesia

By
Advertisement

1.    Jelaskan yang menyebabkan ragam bahasa, dan berikan contohnya!
           
            Ragam bahasa disebabkan oleh banyaknya suku bangsa yang ada di Indonesia, bila kita perhatikan Indonesia yang kaya akan adat istiadat dan suku bangsa memiliki perbedaan bahasa di tiap daerah yang ada atau sering kita sebut dengan bahasa ibu, karena itulah  muncul ragam bahasa. Contohnya, bila kita mendengar seorang yang bersuku batak akan berbeda dialek ucapannya dengan orang yang berbicara dengan suku jawa.

2.   Jelaskan perbebedaan istilah umum dan khusus dalam penggunaan wacana!
            Istilah umum adalah istilah yang sering dipakai dalam sebuah wacana yang bersifat umum atau familiar yang sudah pasti dimengerti oleh orang kebanyakan sehingga memudahkan dalam membaca sebuah wacana contohnya padi.
Sedangkan Istilah khusus adalah istilah yang tidak terlalu familiar digunakan dalam  masyarakat, biasanya berupa bahasa latin atau istilah-istilah kedokteran yang dipakan dalam sebuah wacana. Contonnya Oryza sativa L.

3.    Jelaskan pola kalimat dalam Bahasa Indonesia!
            Pola kalimat dalam bahasa Indonesia pada dasarnya hanya berupa  S-P ( Subjek – Predikat), kemudian mengalami perkembangan sehingga menjadi S-P-O-K yang terdiri dari kata benda, kata kerja, kata keterangan, dan kata pelengkap tergantung pada konteks kalimat itu sendiri.

4.    Jelaskan syarat-syarat kalimat efektif!
Kalimat akan disebut sebagai kalimat efektif apabila secara tepat mewakili pikiran pembicara atau penulisnya. Selain juga dapat mengemukakan pemahaman yang sama tepatnya antara pikiran pendengar atau pembaca dengan yang dipikirkan pembaca atau penulisnya.

0 komentar:

Posting Komentar