KASUS : BANK SERUNI INDONESIA

By
Advertisement

Bank Seruni Indonesia adalah sebuah bank besar di Yogyakarta. Bank ini mempunyai empat cabang yang tersebar di empat kabupaten di DIY. Selama beberapa bulan manajemen telah dan sedang mempertimbangkan suatu perubahan prosedur-prosedur evaluasi latihan.Suatu perubahan akan mempengaruhi baik departemen personalia maupun para manager cabang. Rencana tersebut telah didiskusikan dengan semua orang yang dikenai, dan sebagian dari mereka menentang perubahan tersebut. Penyelia latihan, Atika Nurhadi, adalah seorang penentang yang paling keras.
            Setelah diskusi dengan para pengelola bank lainnya, wakil direktur bidang personalia , Ramona Dangdut, memutuskan untuk mengimplementasikan perubahan. Dia membentuk dan menyeleksi para anggota satuan tugas khusus untuk mengimplementasikan perubahan dan memilih Atika sebagai kepala satuan kerja tersebut. Ketika Ramona meminta kesediaan Atika, dia menerina jabatan itu, dan kemudian berkata : “ Bapak tahu bahwa saya menentang perubahan ini. Mengapa Bapak memilih saya sebagai pimpinan? “.
Ramona : “ Ya, saya mengetahui ketidaksetujuan saudara. Kami memilih saudari karena kami menganggap bahwa bila ada berbagai kekurangan dalam usulan perubahan, saudari akan menemukannya. Dan kami percata saudari dapat membetulkannya. “.

Pertanyaan Kasus (telah dibuat dalam bentuk pernyataan beserta jawaban)

  1. Seorang manajer seperti Ramona memilih oposisi untuk mengimplementasikan perubahan karena dia merasa bahwa untuk membangun sebuah perusahaan yang solid dibutuhkan kerja sama dalam setiap divisinya. Untuk menjadi sebuah perusahaan bank yang besar tentu harus memiliki kekompakan antar divisi agar saling bersinergi satu sama lain. Dan saya sangat setuju dengan tindakan tersebut, karena untuk mencapai apa yang kita inginkan terkadang harus memakai teknik atau cara yang bisa diterima semua pihak, bukankah banyak jalan menuju Roma, pepatah itulah yang Ramona pakai.
  2. Kesuksesan Ramona dalam pelaksanaan perubahan menurut saya sekitar 90 % karena dalam menjalankan sebuah perusahaan kita tidak bisa hanya bekerja sendiri. Banyak masukan atau pendapat yang harus kita saring dan kita tampung dari setiap divisi yang ada agar setiap keputusan yang diambil oleh perusahaan merupakan solusi terbaik untuk memecahkan masalah yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar